Biografi Singkat Syeikh 'Abdul Muhsin Al-'Abbad Al-Badr hafidzohullah

, by Unknown



Bismillah ash asholatu wa as salamu 'ala Rosulillah -shallallahu 'alaihi wasallam-, sengaja biografi singkat ini tidak ditulis seperti artikel biografi pada umumnya, melainkan disusun dengan tema "Tahukah Anda?". Semoga metode penulisan ini lebih mudah untuk dibaca dan lebih banyak manfaatnya, aamiin.

Tahukah Anda : 

1) Umur Syeikhuna 'Abdul Muhsin Al-'Abbad saat ini sudah 82 tahun lebih (1353 H - 1436 H)

2) Ternyata penisbatan Al-'Abbad bukan dari marga atau kabilah beliau melainkan laqob atau julukan kakek kedua syeikh yaitu 'Abdullah. Sedangkan beliau dari keluarga Alu Badr sebagaimana yang dinisbatkan Syeikh Abdurrozzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr hafidzohumallah.

3) Ibunda syeikh adalah putri paman ayah beliau sendiri, yaitu Sulaiman bin 'Abdillah bin Hamd bin 'Ustman Alu Badr.

4) Sambil kuliah di fakultas syari'ah di kota Riyadh, beliau juga mengajar di Ma’had Buraidah Al-‘Ilmiy tahun 13/5/1379 H. Dan pada akhir masa kuliah beliau kembali ke Riyadh untuk mengikuti ujian akhir tahun. Dari 80 orang mahasiswa saat itu beliau meraih peringkat ke-4.

5) Semasa kuliah beliau pernah menimba ilmu kepada Syeikh Abdullah bin 'Abdil Aziz bin Baz, Syeikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithiy, Syeikh Abdurrozzaq ‘Afifi, Syeikh 'Abdurrohman Al Afriqiy, Syeikh 'Abdullah bin Sholeh Al-Kholifiy rohimahumullah.

6) Ketika Universitas Islam Madinah didirikan, beliau diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu tenaga pengajar (Dosen) oleh Syeikh Muhammad bin Ibrohim Alu Syeikh rohimahullah.

7) Fakultas Syariah adalah fakultas yang pertama kali didirikan. Tepat pada hari Ahad tanggal 2/6/1381 H kegiatan belajar mengajar dimulai . Dan Syeikh hafidzohullah adalah Dosen pertama yang mengisi kuliah pada saat itu.

8) Sampai detik ini lebih kurang 54 tahun lamanya syeikh mengajar di Universitas Islam Madinah pada fakultas yang sama (1436 H - 1381 H)

9) Pada tanggal 30/07/1393 Hijriyah beliau ditunjuk sebagai Wakil Rektor hingga tahun 26/10/1399 H. Dilantik langsung oleh Raja Faishol bin 'Abdil 'Aziz Alu Su'ud rohimahullah. Saat itu yang menjadi Rektor adalah Syeikh 'Abdullah bin 'Abdil 'Aziz bin Baz rohimahullah.

10) Berkat kesungguhan dan kerja keras syeikh tentunya setelah taufiq dan kemudahan dari Allah, beliau bersama Syeikh Bin Baz mendirikan program Majister (Strata 2) dan program Dukturoh (Strata 3). Selain itu beliau juga mendirikan fak.Al Qur'an, fak. Al-Hadits Asy-Syarif, dan fak. Bahasa Arab.

11) Setelah Syeikh Bin Baz rohimahullah berpindah jabatan menjadi Ketua Komite Riset dan Fatwa, Beliau diangkat menjadi Rektor Universitas Islam Madinah yang baru. Tahukah anda, jika sebelum menjadi rektor beliau pernah bermimpi melihat sapi yang ditunggangi oleh syeikh Bin Baz, sedangkan Syeikh 'Abdul Muhsin yang menuntunnya. Sapi yang ada di mimpi tersebut beliau takwil dengan Jami'ah Islamiyah (Universitas Islam Madinah) dan alhamdulillah ternyata takwil beliau benar. Selama beberapa tahun beliau menjadi wakil Syeikh Bin Baz rohimahullah, dan setelah itu beliau diangkat menjadi ketua atau rektor universitas selam 4 tahun.

12) Saat beliau menjabat menjadi Rektor Universitas, lebih kurang 5000 buah makhthuthot seputar hadits-hadits musnadah dan aqidah salafiyah yang didatangkan ke kampus sebagaimana yang dikatakan oleh syeikh muhaddits Hammad Al-Anshoriy rohimahullah yang juga menjadi salah satu Dosen pada saat itu, dan hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh syeikh Al-‘Abbad hafidzohullah.

13) Terhitung hingga sekarang (dan alhamdulillah kami masih bisa merasakan nikmatnya duduk di majlis ilmu beliau), Syeikh sudah 29 tahun mengajar di Masjid Nabawi dari bulam Muharrom tahun 1406 H. Sebelumnya beliau mengajar di musim haji sampai musim panas tahun 1427 H. Sudah banyak sekali kitab-kitab yang beliau bahas, diantaranya ialah Sunan Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Shohih Bukhori, saat ini Shohih Muslim, dan masih banyak lagi.

14) Di antara sikap waro' syeikh ialah beliau tidak mau diantar pulang ke rumah dengan mobil dinas Universitas di karenakan saat itu beliau tidak lagi menjabat sebagai Rektor, dan lebih memilih untuk dijemput anak beliau sendiri.

15) Suatu hari, Syeikh Hammad Al-Anshoriy ingin sekali mendahului syeikh untuk membuka pintu gedung kampus, akan tetapi pagi-pagi sekali ternyata syeikh sudah lebih dahulu datang dan membuka pintu. Syeikh juga tidak mau merepotkan orang lain untuk menutup pintu gedung kampus pada sore hari sebab saat itu orang lain sedang beristirahat.

16) Pujian Syeikh Hammad Al-Anshoriy kepada syeikh :

“Sesungguhnya mataku tidak pernah melihat seseorang yang lebih waro’ seperti syeikh Abdul Muhsin Al-‘Abbad.”

17) Syeikh mendapatkan ijazah Majister (S2) di Al-Azhar Kairo, Mesir.

18) Syeikh hafidzohullah adalah inspirasi bagi syeikh Hammad Al-Anshoriy untuk menulis kitab seputar tawasshul untuk membantak kitab ‘Abdullah Al-Ghomariy
إتحاف الأذكياء في التوسل بالأنبياء والصالحين والأولياء ) 

19) Sampai saat ini syeikh masih menyimpan buku catatan beliau dari kelas 3 Ibtidaiyyah (setingkat SD)

20) Murid-murid syeikh : Syeikh Ihsan Ilahi Dzohir, Dr.’Ali Nashir Faqihi, Syeikh Yusuf Al-Barqowiy, Dr. Sholeh As-Suhaimiy, Dr. Washiyullah ‘Abbas, Dr. ‘Abdurrohman Al-Fariwaiy, Syeikh Al-Hafidz Tsanaullah Al-Madaniy, Dr. Nashir Asy-Syeikh, Dr. Sholeh Al-Faro’iy, Dr. ‘Abdurrohman Arusyaidan (yang membaca kitab syeikh saat kajian di Masjid Nabawi, juga guru mustholah kami), Anak syeikh sendiri yaitu Prof.Dr.’Abdurrozzaq Al-Badr, dan masih banyak lagi murid beliau dari kalangan mahasiswa Universitas Islam Madinah yang tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu.

21) Karya tulis Syeikh hafidzohullah :

1- عشرون حديثاً من صحيح الإمام البخاري
2- عشرون حديثا من صحيح الأمام مسلم
3- من أخلاق الرسول الكريم
4- عقيدة أهل السنة والجماعة في الصحابة الكرام
5- فضلُ أهل البيت وعلوُّ مكانتِهم عند أهل السُّنَّة والجماعة 
6- عقيدة أهل السنة والأثر في المهدي المنتظر 
7- الرد على الرفاعي والبوطي
8- الانتصار للصحابةِ الأخيار في ردِّ أباطيل حسن المالكي
9- الشيخ عبدالعزيز بن باز رحمه الله نموذج من الرعيل الأول
10- الشيخ عمر بن عبدالرحمن فلاته وكيف عرفته
11- الإخلاص والإحسان والإلتزام بالشريعة
12-  فَضلُ المدينة وآدابُ سُكنَاها وزيارتِها
13-  شرح عقيدة أبي زيد القيرواني
14- كتاب من أقوال المنصفين في الصحابي الخليفة معاوية رضي الله عنه
15- رفقا أهل السنة بأهل السنة
Dan yang lainnya.

22) Dan masih banyak lagi muhadhoroh-muhadhoroh yang belum dibukukan (dicetak).

Demikian biografi singkat Ulama ahli hadits negeri Hijaz, ahli fiqh Abad ini, semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman, jangan lupakan do'a kebaikan untuk Syeikh semoga selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang dalam ketaatan, dan semoga Allah membalas semua kebaikan beliau dengan Surga-Nya, aamiin...

_________________
Disarikan oleh Hedi Kurniadi bin Helmi bin Su'ud As-Sambasiy
Di Kota Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, 28 Muharrom 1436 H.
Tulisan Dikutip dari beberapa sumber.

0 comments:

Post a Comment